Saat anda berjalan-jalan di Beijing, tempat bersejarah yang satu ini merupakan tempat yang wajib anda kunjungi, namanya Istana Terlarang. Di tempat ini, terdapat dua Dinasti yang sangat terkenal dari Cina, yaitu Dinasti Ming dan Qing. Kedua dinasti tersebut adalah dinasti terbesar yang menguasai Cina.   Istana ini berwarna kuning kecoklatan, dengan bentuk khas arsitek cina pada masa itu. Di depan pintu masuk istana, terdapat dua buah patung singa penjaga yang berwarna keemasan. Istana itu dibangun di atas tanah seluas 70 hektar lebih, dan dikelilingi oleh tembok setinggi 9 meter. Di dalamnya terdapat 9900 kamar. Bisa anda bayangkan betapa banyaknya kamar di Istana tersebut!

Atap istana ini berbentuk segitiga dengan kepala naga berada pada pucuknya. Tampak dari kejauhan, istana ini seperti rumah bertingkat. Tiang- tiang penyangga istana berwarna merah tua, dengan ornamen berwarna kuning yang melekat padanya. Tangga-tangga kecil yang dibangun di sekitar istana berwarna abu-abu, karena dibangun menggunakan batu yang ditata, mirip dengan pembangunan candi pada jaman kerajaan di Indonesia. Dibawahnya terdapat sungai yang mengalir, sungai tersebut merupakan bagian dari sungai yang mengelilingi istana.Di samping bangunan ini juga terdapat sebuah taman, yang dihiasi dengan air mancur untuk menarik wisatawan.

Seluruh bangunan di Istana terlarang ini dibangun menggunakan bahan-bahan pilihan kerajaan yang terbaik pada masa itu. Diantaranya, tiang penyangga istana dibuat menggunakan kayu Nanmu, merupakan kayu yang diambil dari hutan rimba yang ada di Tiongkok Selatan. Kayu tersebut sangat kokoh dan tahan lama, uniknya kayu tersebut juga berbau harum. Lantai istana tersebut dibuat dari batu marmer putih yang didatangkan dari kota Beijing. Tak hanya bahan bangunannya, bahkan tukang yang menggarap istana tersebut juga tidak sembarangan. Istana tersebut dapat diselesaikan dalam waktu sekitar 15 tahun, dengan melibatkan tentara dan petani untuk menggarapnya.

Istana ini juga sebagai pusat pemerintahan di Cina pada jaman Dinasti dulu. Di dalam istana juga  terdapat ornamen dinding, lukisan para petinggi istana, keramik yang unik, tempat persembahyangan, patung, alat-alat yang terbuta dari perunggu, cermin untuk putri raja, tempat tidur raja yang mewah, dan lain-lain. dan lain-lain. Sekarang ini, istana ini ramai dikunjungi wisatawan, meskipun tidak lagi digunakan sebagai pusat pemerintahan, namun bangunan kuno ini telah menjadi situs warisan dunia, dan diakui oleh UNESCO pada tahun 1987. Biasanya para wisatawan berkunjung saat liburan musim panas tiba.

Cara menuju lokasi : lokasinya tidak jauh dari Taman Tiananmen, dari Stasiun Tianmen naik kereta bawah tanah di jalur 1 turun di Stasiun Istana Terlarang (Forbidden City), atau naik bus yang berhenti di Istana Terlarang, jalur 1,4,20,52,57,101,103,109,111.

Penginapan di sekitar lokasi : Huafu International Hotel, Harmony Hotel

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,