Kue Bao (pau) merupakan salah satu kue tradisional Cina yang sangat terkenal. Kue ini telah tersebar ke seluruh dunia, dengan variasi bentuk dan rasa yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri, dikenal dengan nama “Ba pau” atau “Bakpao”. Kue ini berbentuk bulat dan menggelembung, dengan beraneka macam isi di dalamnya. Kue ini sebenarnya berasal dari Cina. Di kota Beijing, yang merupakan ibu kota dari negara RRC, kue ini sangat populer dan mudah dijumpai di kawasan kuliner seperti halnya di Wangfujing. Bahkan di tempat-tempat perbelanjaan atau mal-mal besar di Beijing seperti The Place, Xindongan Market, dan tempat belanja lainnya, kue yang satu ini tidak luput dari pandangan mata.

Kue ini biasanya disajikan dalam kondisi masih hangat. Biasanya penjual kue ini meletakkan kue ini di dalam panci uap, sehingga ketika disajikan masih dalam kondisi hangat, bahkan panas. Kue ini telah ada dari jaman Cina kuno dulu. Dulu, kue ini merupakan sajian bagi para Kaisar jaman Dinasti. Kue ini dibuat dengan adonan tepung yang halus dan lembut, serta sedikit kenyal dengan rasa manis. Adonan tersebut di bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil, lalu dikukus hingga matang. Agar menambah aroma harum, pembuat kue ini menambahkan daun pandan sebagai alas dalam mengukus kue ini, sehingga setiap kue yang dikukus pada bagian bawahnya diberi alas daun pandan. Rasa manis dan aroma pandan yang harum menjadi daya tarik bagi para Kaisar yang menyantap makanana ini.

Seiring perkembangan jaman, kue ini terus berkembang dengan berbagai bentuk dan rasa. Pada akhir masa Dinasti Ming, kue ini berkembang dengan ditambahkan aneka isi di dalamnya, sehingga Kaisar semakin menyukai kue ini. Aneka isi dari kue ini diantaranya ada daging cincang, dari daging sapi atau ayam, yang dimasak dengan aneka rempah-rempah khusus dari negeri Cina, sehingga daging cincang tersebut terasa gurih. Paduan rasa gurih daging cincang dan manisnya adonan roti ini, semakin membuat kue ini terasa enak.

Kini, kue ini tersedia dengan berbagai bentuk yang unik dengan berbagai ukuran, ada yang kecil, dan ada pula yang besar, dengan bentuk dan hiasan yang unik, seperti bentuk yang menyerupai Sio May, juga ada yang dihiasi dengan macam-macam warna dan gambar, seperti gambar wajah yang lucu, gambar hewan, dan lain-lain. Isinya pun beraneka ragam, ada isi daging cincang, coklat, keju, kacang, daun bawang, strawbery, blueberry, sosis, bakso, dan lain sebagainya. Jajanan yang satu ini juga tergolong jajanan yang mengenyangkan dan murah. Harganya berkisar antara 2-3 Yuan. Kue ini juga dapat anda bawa sebagai bekal dalam perjalanan saat anda berwisata ke Beijing.

Cara menuju lokasi : anda dapat menjumpai kue ini di tempat-tempat penjual Dim Sum yang ada di kawasan Wangfujing, dan pusat perbelanjaan lainnya. Untuk menuju ke sana, anda dapat menggunakan subway (kereta bawah tanah), atau bus dengan nomor tertentu. Tersedia pula penginapan yang berada di sekitar lokasi yang dapat anda tempati :

Di sekitar Wangfujing : Harmony Hotel, Atravis Express Hotel Dongsi

Di sekitar The Place : Green Tree Inn Capital Airport HotelFour Seasons Club

Di sekitar Xindongan : Harmony Hotel, Ordos Hotel, Red Wall Garden Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,