Beijing memang kota yang kaya akan sejarah. Salah satu daya tarik wisatawan adalah dapat menengok kembali bangunan peninggalan sejarah para penguasa di Beijing. Banyak sekali bangunan sejarah yang berdiri di kota ini, diantaranya ada Tembok Besar Cina, yang masuk dalam tujuh keajaiban dunia, Taman Beihai, Istana Terlarang dan masih banyak lagi. Selain bangunan-bangunan di atas memiliki gaya arsitek yang unik, bangunan-bangunan tersebut dibangun oleh para Kaisar di Beijing, dari Dinasti yang terkenal dan paling lama berkuasa.

Selain-bangunan-bangunan di atas, terdapat pula makam sang Kaisar di tempat ini. Namanya makam Changling. Ada 13 makam Kaisar Dinasti Ming yang ada di sini. Makam ini terletak di kaki Gunung Yanshan, Distrik Changping, kota Beijing. Makam ini didirikan di atas area seluas 120 km persegi. Di area ini juga terdapat makam-makam selir Kaisar, makam permaisuri, dan makam putera mahkota. Makam-makam tersebut dibuat dengan sangat megah, dengan ukiran batu nisan yang menghiasinya. Bahkan makam ini termasuk makam Kaisar terbesar di dunia, dengan jumlah makam Kaisar dan permaisuri terbanyak. Makam ini dibangun pada tahun 1409, dan mengalami pemugaran pada tahun 1644. Pada tahun 1644 itu juga, Dinasti Ming mengalami keruntuhan, sehingga makam para Kaisarnya yang berjumlah 13 orang dimakamkan di sana.

Salah satu yang menjadi daya tarik wisatawan adalah Istana Bawah Tanah, tempat Kaisar terakhir Dinasti Ming dimakamkan bersama permaisurinya. Istana bawah tanah ditemukan pada tahun 1956 oleh arkeolog. Istana tersebut memiliki luas 1.100 meter persegi. Benda-benda yang ditemukan pada Istana Bawah Tanah tersebut berupa kerajinan khas dari Tiongkok, seperti keramik, giok, lukisan, dan lain-lain. Di tengah makam terdapat sebuah jalan dewa, dinamakan jalan dewa karena bentuk jalan tersebut lurus dan di tepi jalan dibangun patung-patung yang megah.

Selain makam yang berdiri dengan megah, di area komplek pemakaman ini juga terdapat pemandangan alam berupa pohon hijau yang menakjubkan, sehingga tempat pemakaman ini terasa sejuk dan indah. Di sebelah makam, dibangun arca atau patung-patung orang yang meninggal, untuk mengabadikan dan mengenang jasa mereka. Makam para Kaisar ini kini telah menjadi objek wisata bagi para wisatawan lokal maupun asing, terlebih karena keberadaan Istana Bawah Tanah yang misterius dan benda-benda yang ada di dalamnya. Penasaran ingin melihat benda-benda yang ada di Istana Bawah Tanah ini? segera kunjungi makam ini di Beijing.

Cara menuju lokasi : cara tercepat menuju tempat ini adalah dengan naik subway (kereta bawah tanah) jalur 5, lalu turun di Stasiun Tiantongyuan Bei, dilanjutkan dengan naik bus nomor 22. Tersedia pula penginapan di sekitar lokasi jika anda ingin menginap : Harmony HotelRed Wall Garden Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,