Berjalan-jalan di Beijing berarti mengunjungi situs-situs kuno jaman dulu, beragam bangunan peninggalan sejarah beserta bukti otentiknya terdapat di sini. Tak salah jika menyebut Beijing adalah kota Sejarah. Kuil Yonghe (Lama Temple) merupakan kuil yang terletak di sebelah timur laut Beijing. Kuil ini merupakan kuil yang sangat penting, karena merupakan tempat peribadatan umat Budha terbesar di dunia. Bangunan ini dibangun pada masa Dinasti Qing, sekitar tahun 1694. Dulunya tempat ini merupakan rumah bagi para pelayan kaisar, namun setelah Kaisar Yongzheng naik tahta, bangunan ini diubah menjadi sebuah biara. Gaya arsitektur bangunan ini menggabungkan antara gaya arsitektur Cina dengan Tibet.

Di dalam kuil ini terdapat ruangan persembahyangan, dengan patung budha yang terbuat dari kuningan. Patung budha tersebut ditempatkan di sebuah singgasana, mirip singgasana Kaisar. Di sisi kanan dan kiri patung budha tersebut, terdapat bangunan seperti Kuil Langit, namun ukurannya lebih kecil dan lebih banyak tingkat. Warna kuil ini didominasi oleh warna merah cerah, dan kuning keemasan. Di depan patung budha, terdapat hiasan bunga-bunga dan dupa untuk sembahyang.  Masyarakat setempat juga memanfaatkan kuil ini untuk beribadah, tak jarang juga turis asing tionghoa menyempatkan diri untuk mampir beribadah di sini.

Di dalam kuil juga terdapat patung budha raksasa dengan tinggi melebihi lantai dua bangunan ini atau sekitar 18 meter. Patung budha tersebut terbuat dari campuran bahan logam, dan memiliki warna merah cerah. Patung ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke kuil ini. Di dalam kuil ini juga terdapat beberapa ruangan yang dibangun sesuai fungsinya masing-masing. Diantara ruangan itu adalah ruangan sebagai tempat meletakkan patung Budha Gautama. Ada juga ruangan lain yang digunakan oleh para biarawan dan biarawati sebagai tempat pertemuan.

Kuil ini berlokasi di Jalan Yonghegong nomor 12, Distrik Dongchen. Jika anda sedang berkunjung ke Beijing, mampirlah untuk melihat keunikan yang ada pada Kuil Lama ini. Lokasi ini sangat strategis, sehingga memudahkan akses transportasi ke kuil ini. Kuil ini terbuka untuk umum mulai pukul  9 pagi hingga pukul 5 sore. Harga tiket masuknya 25 Yuan.

Untuk menuju ke tempat ini, anda dapat naik subway (kereta bawah tanah) jalur 2, turun di Stasiun Yonghegong, dan keluar melalui pintu C, dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 400 meter ke arah selatan. Atau anda juga dapat naik bus dengan nomor 13, 116,dan 117 turun di Terminal Yonghegong.

Penginapan di sekitar lokasi : Harmony Hotel, Lee Garden Apartment

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,