Di negara-negara maju, sungai bukanlah sekedar penampung aliran air tetapi juga sebagai tempat wisata. Pemandangan sekitar sungai menjadi daya tarik tersendiri. Hal itu pulalah yang terjadi di sungai Pearl, Guangzhou. Sungai Pearl juga disebut dengan sungai Guandong atau Canton.

Dengan panjang 2.214 km, sungai Pearl adalah sungai terbesar ketiga di Cina sekaligus menjadi yang terbesar di Guangzhou. Sungai Pearl terdiri dari sungai Xi, Liuxi, Bei dan Dong dan keempatnya bergabung di Guangzhou yang bermuara di Laut Selatan. Awalnya, sungai ini memiliki lebar 2000 meter namun secara bertahap menyusut menjadi 180 meter saja. Dinamakan Pearl karena ada sebuah batu besar di sungai ini berbentuk bulat, halus sehingga tampak seperti mutiara (pearl).

Kini sungai Pearl menjadi destinasi wisata di Guangzhou. Sedikitnya ada 10 jembatan merentang di sungai ini. Beberapa hotel dan pusat perbelanjaan berdiri rapi di tepian sungai Pearl. Jika sungai-sungai lainnya menyuguhkan pemandangan alam, Pearl justru memberikan pesona khas daerah perkotaan modern. Ketika malam tiba, sungai ini menebarkan kecantikannya. Jembatan dihiasi warna-warni lampu neon tampak seperti pelangi yang menghiasi sungai. Air sungai merefleksikan segala warna lampu yang bersinar diatasnya.

Cara lain menikmati sungai ini adalah dengan naik kapal yang mengarungi perairan ini. Bermacam-macam kapal yang disewakan ini bisa menampung hingga 300 pengunjung. Tiketnya berkisar dari 48 – 78 Yuan per orang tergantung jarak dan kapal yang dipilih. Kapal-kapal ini melayani para penumpang sejak pukul 6 sore hingga 11 malam. Dengan menaikinya kita bisa melihat deretan bangunan yang ditata apik plus menikmat hembusan angin yang sejuk nan lembut. Suasana malam hari di sungai Pearl bahkan disebut sejajar dengan pesona Victoria Harbor di Hongkong.

Jika Anda kebetulan datang ke Pearl saat siang hari, pilihan aktivitas yang bisa dilakukan adalah menikmati keindahan bangunan-bangunan bersejarah dan artistik di tepian sungai. Ada Huangpu Military Academy yang merupakan akademi militer pertama di Cina serta Xianghai Concert Hall yang dibangun dengan gaya arsitektur elegan. Tidak itu saja, Anda bisa melihat dari dekat situs bersejarah Shamian yang mencakup ratusan bangunan dengan gaya arsitektur yang berbeda. Bangunan kuno lainnya adalah Tianzi Dock yang hingga kini masih terawat.

Ya, sungai Pearl memang tidak hanya memberikan keindahan namun juga saksi sejarah masa lampau yang masih bisa kita lihat sisa-sisanya hingga sekarang. Sungai Pearl seperti pita yang menghubungkan situs sejarah dan pemandangan indah serta menunjukkan modernitas kota Guangzhou.

Untuk mencapai sungai Pearl, Anda bisa naik bus nomor 1, 128, 131B, 194, 219, atau 238 dan turun di Haizhu Square. Selain sungai Pearl, destinasi wisata lain yang sayang untuk dilewatkan adalah kuil Chunyang, masjid Huaisheng dan Istana Sanyuan.

Selama di Guangzhou, Anda bisa menginap di Crown Plaza Guangzhou Science City Hotel, Country Garden Holiday Resort dan Baiyun Hotel.

View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • wisata guangzhou
  • cara ke pearl river guangzhow

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,