Kuil Guangxiao berumur lebih tua dari kota Guangzhou. Itu sebabnya keberadaannya sangat dihargai dan menjadi bagian dari sejarah Provinsi Guangdong. Tidak itu saja, Guangxiao juga dihuni biksu-biksu terkenal Cina yang memberikan pengajaran di kuil ini. Biksu terkemuka yang pernah mendiami kuil Guangxiao adalah Xuanzang. Ia merupakan pemuka agama yang sangat populer pada masa Dinasti Tang

Terletak di jalan Guangxiao, kuil ini menjadi National Key Cultural Relic Protection Unit. Selama ribuan tahun Guangxiao menjadi tempat ziarah yang selalu didatangi umat Buddha. Hal inilah yang membuat banyak pihak percaya bahwa keberadaan kuil ini sudah ada sejak dulu sebelum berdirinya kota ini. Setidaknya, Guangxiao sudah berumur lebih dari 1.600 tahun. Kuil kebanggaan warga Guangzhou ini awalnya dibangun sebagai rumah dari Pangeran Zhao Jiande dari kerajaan Nanyue selama Dinasti Han berkuasa.

Pada saat Periode Tiga Kerajaan (220-228) seorang komandan bernama Yu Fan mengalami penurunan jabatan dan dibuang ke Guangzhou. Ia kemudian bermukin di kota ini dan mulai memberikan ceramah di kuil. Setelah Yu Fan meninggal, keluarganya lantas mengubah nama kuil menjadi Zhizhi. Sejarah kuil ini masih terus berlanjut hingga akhirnya bernama “guangxiao” kembali.

Saat mengunjungi kuil ini, Anda akan melihat aula utama kuil dibangun dengan pondasi yang lebih tinggi dan diapit lonceng. Di dalam aula ini terdapat 3 patung Buddha yang berukuran besar. Mereka adalah Sakyamuni, Buddha dan Samantabhadra. Selain ketiga patung tersebut, di Guangxiao berdiri sebuah pagoda setinggi 7.69 meter dan  memiliki 7 lantai. Uniknya, seluruh sisi bangunan pagoda tertutupi oleh lebih kurang 900 ukiran Buddha yang berjajar rapi. Bagi umat Buddha dan pelancong lainnya yang menyukai situs religi, kuil ini memberikan pengalaman wisata yang berharga. Sebagai kuil tertua di Guangzhou, Guangxiao adalah tempat wisata yang harus Anda kunjungi.

Oya, kuil ini terbuka untuk umum sejak pukul 6.30 pagi hingga 5 sore. Anda harus membayar tiket masuk seharga 10 CNY. Untuk mencapai lokasi ini, kita bisa naik bus nomor 4, 88, 186, 250, 823 dan turun di Ximenkou Station.

Selama berlibur di Guangzhou Anda bisa menginap di Donlord International Hotel, Grand Royal Hotel dan Poco Business Hotel.

Destinasi wisata lainnya di kota Guanzhou adalah Mauseoleum of the Nanyue King, Chimelong Resort dan Yuexiu Park.

View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • tempat wisata di guangzhou
  • tempat wisata guangzhou
  • tempat wisata terkenal di guangzhou

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,