Di beberapa negara barat, profesi pemadam kebakaran menjadi kebanggaan banyak orang. Bayangkan saat bangunan dilalap si jago merah, pemadam kebakaranlah yang berani menantang bahaya untuk memadamkannya. Kesigapan mereka menjadi salah satu penentu jatuh tidaknya korban jiwa.

Di Makau, kita bisa belajar lebih dekat tentang pemadam kebakaran di Fire Service Museum yang ada di Estrada de Coelho do Amaral. Fire Service Museum disini terletak di Markas Pemadam Kebakaran yang menempati bangunan bergaya Eropa yang dibangun pada tahun 1920. Ada lebih dari 700 barang yang dipamerkan dalam 2 ruangan. Begitu masuk lobi, kita akan melihat 2 truk yang digunakan oleh pasukan pemadam kebakaran pada tahun 1950 dan 1960. Salah satu sudut yang paling menarik adalah foto-foto yang menggambarkan aksi mereka memerangi kebakaran besar, menyelamatkan wanita tua yang bingung dan aksi-aksi heroik lainnya. Ada banyak peralatan komunikasi tua dari tahun 1980an yang dipamerkan. Kita bisa melihat ukurannya jauh berbeda jika dibandingkan dengan gadget yang sekarang bayak dipakai.

Menempati ruangan seluas 350 meter persegi, Anda juga bisa melihat benda-benda seperti replika yang menggambarkan petugas pemadam kebakaran meluncur ke bawah tiang, gambar-gambar bersejarah, seragam pemadam kebakaran tahun 1940an, hidrant, alarm kebakaran tradisional dan aneka peralatan pemadam kebakaran yang lain. Jika Anda ingin membeli sovenir terkait dengan museum ini, sebuah toko sovenir di pintu masuk akan menambah koleksi Anda.

Museum ini cocok dikunjungi bersama anak-anak, apalagi jika mereka memang menyukai hal-hal yang berhubungan dengan pasukan pemadam kebakaran. Kunjungilah museum ini untuk membunuh waktu selagi senggang. Kelengkapan koleksinya akan menambah pengetahuan kita, terutama jika melihat alat-alat yang digunakan puluhan tahun lalu dan membandingkannya dengan teknologi yang kini dipakai.

Museum ini didirikan sebagai penghormatan kepada mereka yang rela celaka dan mati karena menjalankan profesinya demi melindungi orang lain. Anda bisa naik bus nomor 8A, 17, 18, 18A, 19 dan 26 untuk sampai ke Fire Service Museum yang buka sejak pukul 10 pagi hingga 6 sore. Oya, pihak pengelola tidak akan memungut biaya kepada pengunjung alias gratis.

Museum lainnya yang ada di Makau adalah Wine Museum, Grand Prix Museum, Macau Cultural Center dan Macau Museum of Art. Semuanya akan memberikan informasi yang menarik, khususnya tentang sejarah Cina dan Makau. Jangan lupa untuk senantiasa memilih hotel yang nyaman selama liburan, seperti Lisboa Hotel, Best Western Sun Sun Hotel dan Metropark Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,