Senado Square atau Largo do Senado adalah sebuah kawasan tempat warga setempat dan wisatawan berkumpul. Di Indonesia, tempat semacam ini disebut dengan alun-alun. Di Senado Square inilah aktivitas bisnis dan budaya Makau berjalan. Berbagai toko dan restoran ada di sini. Tak heran jika hingga malam, Senado Square tetap hidup. Bagi para fotografer, suasana Senado Square yang merupakan paduan antara budaya China dan Portugis layak untuk diabadikan.

Senado Square terletak di daerah pusat semenanjung Makau. Kawasan seluas 3.700 meter persegi ini pada tahun 2005 resmi masuk ke dalam daftar warisan dunia UNESCO karena merupakan bagian dari pusat sejarah Makau. Jejak sejarah di Senado Square memang sangat terasa dari arsitektur bangunan yang didominasi gaya Portugis yang sempat menjajah Makau. Selain pertokoan, disini juga terdapat Gereja St. Dominic. Pada tahun 1940, kawasan ini berdiri sebuah patung prajurit Portugis bernama Mesquita. Dialah yang bertanggungjawab atas kematian tentara China selama peperangan dengan Dinasti Qing (1644-1911). Namun sejak dihancurkan oleh orang-orang China,  kini patung tersebut sudah berganti dengan air mancur. Inilah mengapa, kawasan Senado Square sering juga disebut “The Fountain” atau “air mancur”. Saat masih dikuasai Portugis, kawasan Senado Square merupakan tempat sebagai ajang untuk memamerkan kekuatan militer. Gubernur setempat sering mengadakan upacara militer dan pelantikan kepolisian di tempat ini.

Yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan adalah pusat perbelanjaan dan restoran tradisional China yang berada di sekitar kawasan Senado Square. Mode pakaian, makanan ringan dan lingkungan yang indah membuat kawasan ini menjadi daya tarik tersendiri. Kembang api dan barongsai biasanya diadakan pada hari-hari khusus seperti Festival Musim Semi China dan Hari Natal.

Pada awal 1990, otoritas setempat memperkerjakan beberapa ahli dari Portugis untuk menghiasi Senado Square dengan mosaik gelombang bermotif batu-batu berwarna. Sejak saat itu, daerah ini menjadi tempat yang populer untuk kegiatan budaya di Makau. Bangunan-bangunan di sekitar Senado Square memiliki sejarah panjang sehingga hingga kini tidak ada perubahan apapun terkait dengan fasad bangunan. Bangunan-bangunan neo-klasik bercampur dengan kemegahan arsitektur modern menarik wisatawan. Belum lagi banyak area publik yang memungkinkan warga setempat berkumpul dan saling bertukar cerita. Bagi para pemburu foto, bangunan -  bangunan di Senado Square sayang untuk dilewatkan. Ada gedung tua bercat pink yang layak untuk dipotret dan air mancur yang berada di tengah kawasan sebagai landmark. Jangan lewatkan bangunan The General Post Office yang kuno. Anda sekaligus dapat menambah koleksi kartu pos dan juga mengirimkannya melalui kantor pos yang hingga kini masih sangat kokoh dan terawat. Selain itu, masih ada Holy House of Mercy dengan arsitektur tempo dulu yang memesona. Jajaran Macau Business Tourism Centre pun bediri dengan rapi dan makin indah jika dilihat pada malam hari.

Di Senado Square ada pemandangan unik yang bisa Anda lihat di pagi hari, yakni antrean orang untuk mendapatkan koran gratis. Mereka dengan sabar berjajar untuk menerima surat kabar secara cuma-cuma agar bisa menikmati kabar seputar Makau dan kejadian penting lainnya di dunia.

Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa menaiki bus nomor 3, 3A, 4, 8A, 10, 10A, 11, 18, 19, 21A, 26A, 33 dengan tujuan Avenida de Almeida Riberio.  Selain Senado Square, objek wisata lain yang bisa Anda kunjungi adalah Macau Fisherman’s Wharf, Kuil A-Ma dan Museum de Macau. Jangan lupa untuk memilih hotel yang nyaman agar liburan Anda makin menyenangkan. Beberapa hotel di kawasan Makau yang bisa Anda singgahi adalah Fu Hua Guang Dong Hotel, Lisboa Hotel, dan Best Western Sun Sun Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,