shopping-hd-widescreen-high-definition-637956

Shanghai dikenal sebagai “shopping paradise” dan “oriental Paris”. Jadi, lantaran popularitasnya itulah, berbelanja saat berkunjung ke Shanghai adalah suatu keharusan. Berikut ini adalah pusat perbelanjaan utama di kota Shanghai :

  • Nanjing Road

shanghai_nanjing_road_nightview1Nanjing Road, merupakan surga belanja bagi para wisatawan maupun warga lokal. Jalan sepanjang 3,4 km dimulai dari The Bund di sebelah timur hingga berakhir di ujung barat persimpangan Jing’an Temple dan Yan’an West. Anda dapat menemukan beragam toko yang menjual berbagai kebutuhan fashion, kuliner khas, dan berbagai macam buah tangan.

Saat ini Nanjing Road tidak hanya didominasi toko – toko busana, tetapi juga terdapat juga hotel, gedung pertunjukkan, restoran, dan lain – lain yang tentu saja menambah kenyamanan dalam menikmati kunjungan di sini.

Anda tak perlu cemas dengan memikirkan soal makanan selagi mencari produk fashion terkemuka semacam Tiffany, Mont Blanc, Louis Vuitton, dan Prada, karena KFC, Mc Donald’s, serta Pizza Hut juga membuka gerai mereka di Nanjing Road.

Walaupun produk internasional sangat banyak Anda temui, toko – toko tradisional juga tetap mendapat tempat di sini. Anda dapat menemukan ratusan pedagang yang menjajakan kain sutra, batu giok, kain wol, jam dan lain sebagainya.

Untuk menuju jalan yang sangat masyur di Cina ini, Anda dapat menggunakan bus, City Sightseeing Bus, dan juga Subway. Karena Nanjing Road terbagi dua, yakni Nanjing Road Timur dan Nanjing Road Barat, maka bila Anda ingin ke bagian timur dulu, dapat dengan naik bus nomor 14, 33, 37, 65, 66, 108, 123, 928, 929, dan 940. Menggunakan City Sightseeing Bus RED Stop #4, atau dapat juga menggunakan Subway Line 2, kemudian turun di East Nanjing Road Station.

Jika Anda memilih mengawali pejalanan dari barat, maka dapat menggunakan bus nomor 23, 24, 36, 57, 76, 304, 323, 451, dan 738. Dengan menggunakan Subway Line 2, turun di West Nanjing Road Station.

  • Old Street Shanghai

110919161651815Berada di Huang Pu Qu, Old Street Shanghai merupakan kawasan kota tua. Dahulu tempat ini dikenal sebagai Miaoqian Dajie, yang merupakan sebuah area bisnis tertua sekaligus objek wisata dengan deretan toko – toko tradisional, pusat budaya dan hiburan, kedai teh, serta galeri seni.

Di tempat inilah asal muasal bank paling pertama didirikan di Shanghai. Objek wisata yang satu ini juga disebut “little eastern gate” karena di depan Shanghai Old Street terdapat gerbang kecil sebagai pertanda tempat yang kental akan ketradisionalannya ini.

Sisi barat jalan ini dimulai dari South Henan Road dan berlanjut hingga Guanyi Street. Bangunan – bangunan di tempat ini memiliki corak dan gaya dari Dinasti Ming dan Qing dengan kesan elegan klasik. Tiang – tiang yang berwarna merah khas Cina, tembok berwarna merah muda, serta atap yang berwarna hitam semakin menciptakan kesan etnik yang menarik.

Di bagian timur terdapat toko – toko yang sudah dioperasikan secara turun temurun dari generasi ke generasi, antara lain toko Tong Han Chun Pharmacy, Lao Tong Sheng Food Store, Wu Liang Cai Glass Shop, dan juga restoran De Shun. Umur rata – rata toko tersebut lebih dari 100 tahun.

Dengan menggunakan bus dan subway, Anda dapat berkunjung kesini. Bus nomor 930, turun di halte Laoximen, bus nomor 736, 920 turun di halte Laoximen atau Xinbeimen, bus nomor 801 juga dapat Anda gunakan, turun di halte Xinximen, atau City Sightseeing Bus RED Stop #8 turun di Yuyuan Garden. Menggunakan Subway Line 8 atau Line 10, turun di Laoximen Station.

Bagaimana ? Siap memborong oleh – oleh di Shanghai ?

Tetapi sebelum melanjutkan petualangan Anda di Shanghai, ada baiknya menikmati pelayanan menarik dari hotel – hotel berikut, Holiday Inn Express Putuo Hotel, Rendezvous Merry Hotel Shanghai, atau Shanghai Xindongfang Hotel.

Lihat juga tentang 5 restoran halal di Shanghai, menikmati lebah madu dan makanan ekstrim di Shanghai.

Lokasi Nanjing Road
View Larger Map

Lokasi Old Street Shanghai
View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 21 Oktober 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,