Jade atau batu giok adalah batu berharga yang sudah ada sejak jaman dahulu. Batu ini dipercaya merupakan batu yang banyak digunakan pada jaman kekaisaran. Batu giok mempunyai banyak kegunaan. Biaanya dibentuk menjadi hiasan-hiasan artistik. Di sebagian besar wilayah Asia, batu giok dipercaya memiliki kemampuan untuk menyembuhkan dan memberi kebahagiaan.

Di Taiwan, ada sebuah tempat dimana Anda bisa mendapatkan berbagai macam bentuk batu giok untuk oleh-oleh.  Tempat itu adalah Jianguo Jade Market. Jianguo Jade Market ini berlokasi di Jianguo South Road, di bawah jalan layang. Pasar ini merupakan pasar pindahan dari pasar lama yang berada di Guanghua. Para pedagang di Guanghua direlokasi ke pasar yang sekarang ini berkat jasa walikota Taipei pada masa itu. Hal itu dilakukan untuk melindungi hak-hak para pedagang sekaligus sebagai salah satu cara mempromosikan kebudayaan Cina. Saat ini Jianguo Jade Market merupakan pasar batu giok terbesar yang ada di Asia.

Di Jianguo Jade Market terdapat lebih dari 300 kios yang menjual batu giok bermacam bentuk. Anda dapat membeli kalung, gantungan handphone, cincin, gelang, liontin dan masih banyak lagi. Jika berbelanja di Jianguo Jade Market, Anda tidak akan menemukan penjual yang memajang harga. Jika ingin membeli, Anda harus melakukan proses tawar menawar lebih dahulu. Tips jika Anda ingin membeli giok, pastikan untuk mencari tahu perbedaan giok asli dan palsu. Jangan sampai Anda membayar mahal untuk sesuatu yang palsu. Selain itu, ada baiknya Anda menyewa guide untuk membantu Anda dalam berkomunikasi jika Anda tidak bisa berbahasa Mandarin. Sebagian penjual di Jade Market tidak bisa berbahasa Inggris.

Di sebelah selatan Jade Market, ada satu tempat yang bisa Anda kunjungi yaitu Jianguo Flower Market. Di sini, mata Anda akan dimanjakan dengan hamparan bunga-bunga yang dijual di kios pasar. Berjalan-jalan di sini seakan tidak ada habisnya. Di pasar ini, Anda akan menemukan berbagai macam bebungaan yang berwarna-warni. Sekain itu, di pasar ini juga dijual bibit-bibit bunga kering  dan buku mengenai budidaya tanaman yang bisa Anda beli.

Kedua pasar yang berhadapan ini hanya buka ketika akhir minggu atau pada hari libur umum. Karena itu pula, setiap akhir pekan tiba, pasar ini akan penuh sesak dengan orang yang mencari kebutuhan mereka atau sekedar berjalan-jalan memanjakan mata. Jianguo Flower & Jade Market buka mulai pukul 9 pagi sampai 6 sore.

Menuju ke sana, Anda dapat menggunakan MRT Wenhu Line dan turun di Daan Station. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan berjalan melewati Section 3 Xinyi Road menuju Jianguo South Road. Anda juga dapat menggunakan bus dengan nomor 20, 22, 38, 204 menuju ke Jianguo Flower & Jade Market.

Lokasi

View Larger Map

Hotel di Taipei: Howard Plaza Hotel, San Want Hotel, Taipei Fullerton Hotel-South

Belanja di Taipei: Ximending, Shilin night market, Wufenpu

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,